Rajintutor.blogspot.com,Banjar - Kamu lagi cari kerja? Kabar
baik bagi Anda lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan
putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur), pasalnya sedang ada lowongan
kerja besar-besaran yang di lakukan BUMN.
Apa itu BUMN? Seperti yang disebutkan pada UU No. 19 Tahun 2003, Pengertian BUMN adalah suatu badan usaha dimana modalnya dimiliki oleh pemerintah yang berasal dari kekayaan negara.
BUMN adalah termasuk pelaku ekonomi yang dalam sistem perekonomian secara nasional. BUMN didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai sektor masyarakat
Beberapa sektor yang dinaungi BUMN diantaranya seperti sektor perkebunan, pertanian, perikanan, transportasi, perdagangan telekomunikasi, listrik, konstruksi, keuangan dan lainnya.
Info Lowongan kerja
ini dibuka oleh Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI)
yang membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan
menjadi bagian dari keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama
BUMN.
Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) membuka peluang karier
di 110 perusahaan BUMN dan membuka sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja.
Sistem PPBB dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang
yang sama bagi semua kalangan. Untuk rekrutasi reguler adalah program rekrutasi
bagi putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1
s.d D4), dan Sarjana (S1 s.d S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga
besar BUMN sebagai “agent of development” untuk mengembangkan kreativitas dan
inovasi bersama di BUMN.
Sementara rekrutasi yang disabilitas adalah rekrutasi dengan
resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai
kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan
Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh
Indonesia.
Dan untuk rekrutasi KTI adalah rekrutasi dengan resource
penduduk asli/keturunan dari Kawasan Timur Indonesia, lulusan SLTA (SMA/SMK),
Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di
seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia. Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua
Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur untuk
ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh
wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.
Sekadar informasi, PPBB merupakan upaya Kementerian BUMN
melalui FHCI untuk mencari dan mendapatkan serta mengembangkan kapabiltas
talenta-talenta terbaik Bangsa Indonesia melalui sistem perekrutan yang lebih
terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan termasuk
penyandang disabilitas dan putra daerah.
Lebih dari 9 ribu posisi di berbagai sektor bisnis seluruh
BUMN Indonesia: Ketahanan Energi, Logistik & Perdagangan, Pariwisata &
Kebudayaan, Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pelayanan Kesehatan, Ekonomi
Maritim, Konektivitas, Konstruksi dan Infrastruktur, Pertambangan, Manufaktur,
Pertahanan Strategis & Teknologi, Industri Berat dan Perkapalan,
Telekomunikasi dan Digital, Jasa Keuangan dan Perbankan serta Ekonomi
Kerakyatan.
Mekanisme rekrutasi PPBB dilakukan dengan standarisasi
proses perekrutan secara bersama dan serentak dimulai dari satu pintu
pendaftaran, tes BUMN Values, Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Bidang, dan
Pembekalan serta Pembetukan Karakter sebagai Karyawan BUMN. Hal ini merupakan
bentuk dari Spirit of BUMN Unity (One Nation, One Vision & On Family).
Untuk persyaratan PPBB sendiri berbeda-beda antar BUMN,
sesuai dengan persyaratan jabatan yang membutuhkan pekerja baru. Secara umum di
atur persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan dan usia maksimum. Setiap
kategori (regular, difable, KTI) memiliki passing grade masing-masing, dan
setiap BUMN juga memiliki passing grade masing-masing.
Sementara untuk Tahapan Tes PPBB dimulai dari: 1. Seleksi
administrasi dan TKD (Tes Kemampuan Dasar & BUMN Values) yang harus
dilaksanakan oleh semua peserta; 2. TKB (Tes Kemampuan Bidang) yang disesuaikan
dengan kebutuhan masing-masing BUMN.
Nantinya, status pekerja disesuaikan dengan kebutuhan dari
masing-masing BUMN. Ada yang berstatus pegawai tetap maupun pegawai kontrak,
baik di BUMN terkait maupun anak perusahaannya.
Namun jika memilih sebagai pegawai kontrak, Proses Perubahan
Status menjadi pegawai tetap mengacu kepada Undang Undang ketenagakerjaan dan
sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing BUMN. Dan untuk lama masa percobaan
(kontrak sebelum diangkat tetap) nantinya adalah kurang lebih 1 tahun.
Untuk jurusan yang diperlukan sesuai dengan BUMN yang
dituju. Namun setiap kandidat dapat memilih tiga BUMN di awal proses rekrutmen,
sesuai dengan passion dan kecocokan dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan
oleh BUMN yang dituju.
Kemudian untuk aket remunerasi yang akan didapatkan
mengikuti aturan perusahaan, akan diinformasikan ketika proses offering (tanda
tangan kontrak).
Untuk informasi lebih lengkapnya, dikutip dari laman
rekrutbersama.fhcibumn.com, Selasa (5/3/2019), berikut pertanyaan yang sering
diajukan beserta jawabannya (FAQ) untuk kategori reguler dan disabilitas, serta
informasi mengenai cara pendaftaran dan tahapan program perekrutan lowongan
kerja tersebut:
1. Apakah persyaratan akan ditetapkan untuk mengikuti Program Perekrutan
Bersama Pemberdayaan Disabilitas?
Calon Pekerja Disabilitas harus memenuhi persyaratan yang
ditetapkan, yakni: pendidikan terakhir (minimal SLTA) dan usia (Lulusan SLTA
maksimal 27 tahun, dan Lulusan D3/S1 maksimal 32 tahun)
2. Bagaimana cara mendaftar Program Perekrutan Bersama
Pemberdayaan Disabilitas?
"Cara mendaftar program adalah melalui website berikut:
http://rekrutbersama.fhcibumn.com/ "
3. Siapa saja penyandang disabilitas yang dapat mengikuti
Program Perekrutan Bersama Pemberdayaan Disabilitas?
Semua Penyandang Disabilitas apapun itu di Indonesia yang
memenuhi persyaratan, memiliki peluang yang sama untuk mengikuti Program
Perekrutan Bersama Pemberdayaan Disabilitas.
4. Adakah batasan kategori disabilitas yang dapat mengikuti
Program Perekrutan Bersama Pemberdayaan Disabilitas?
Batasan kategori disabilitas disesuaikan dengan kebutuhan
masing-masing BUMN.
5. Jenis pekerjaan apa sajakah yang dapat dilamar oleh Calon
Pekerja Disabilitas?
Jenis pekerjaan yang dapat dilamar disesuaikan dengan
kebutuhan masing-masing BUMN.
6. Adakah mekanisme khusus bagi Calon Pekerja Disabilitas
dalam mengikuti Tes (Value BUMN, TKD dan TKB)?
Mekanisme tes bagi Calon Pekerja Disabilitas dilakukan
melalui aplikasi online maupun tes tulis/lisan. Prosesnya tidak dibedakan
dengan rekrutasi reguler. Mereka tidak ingin dibedakan. Bagi tuna netra akan
diminta menggunakan aplikasi text to speech, untuk membaca menu maupun pertanyaan
tes value dan TKD online
7. Fasilitas kerja apa yang disediakan Perusahaan BUMN bagi
Pekerja Disabilitas?
Fasilitas kerja yang disediakan bagi Pekerja Disabilitas
disesuaikan dengan kebijakan masing-masing BUMN.
8. Bagaimana status kepegawaian Calon Pekerja Disabilitas
yang direkrut Perusahaan BUMN?
Status kepegawaian Calon Pekerja Disabilitas menyesuaikan
dengan kebutuhan masing-masing BUMN
9. Apakah standar gaji/ benefit bagi Pekerja Disabilitas
akan sama dengan Pekerja Non-Disabilitas?
Standar gaji/benefit bagi Pekerja Disabilitas disesuaikan
dengan kebijakan masing-masing BUMN.
10. Apakah tersedia program pendampingan bagi para pekerja
Disabilitas di masing-masing BUMN pada awal penempatan?
Masing-masing BUMN akan memiliki kebijakan pendampingan yang
diatur tersendiri
11. Apakah terdapat standar kriteria penilaian kerja bagi
Para Pekerja Disabilitas di masing-masing Perusahaan BUMN?
Standar kriteria penilaian kerja bagi para Pekerja
Disabilitas disesuaikan dengan kebijakan masing-masing BUMN.
5 dari 5 halaman
Cara Pendaftaran
Lowongan Pekerjaan
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
1. Buat Akun pada website Perekrutan Bersama BUMN
2. Pilih Program Rekrut yang ingin diikuti
3. Isi dan Lengkapi Data Pribadi.
Tahapan Program Perekrutan Bersama (PBB) BUMN
- Tahap 1 Pendaftaran & Seleksi Awal
Para Peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukan
biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman:
https://rekrutbersama.fhcibumn.com
Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke
halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.
- Tahap 2 Seleksi Kemampuan Dasar
Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3
posisi/BUMN. Pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Tentukan prioritas dan
lakukan pertimbangan yang matang.
Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal,
peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/ VNS Test (Verbal, Numerical &
Spatial) atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara
online.
-Tahap ke 3 Seleksi BUMN 2019
Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta akan
diseleksi oleh BUMN masing-masing.
Minimal akan ada 3 sub-tahapan Seleksi BUMN:
1. Tes Kemampuan/skill sesuai posisi
2. Selanjutnya ,Interview Manajemen seperti Biasa
3. Tes Kesehatan
Catatan Untuk para calon
Pada Setiap Hasil Test telah anda lakukan di setiap tahapan
akan diumumkan melalui website: https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan juga akan
dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan.
Selamat mencoba lowongan kerja tersebut dan semoga sukses
Teman teman!
Mas Boleh saya coba,Kebetulan saya baru lulus kuliah
ReplyDelete