Cara Membuat Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas dengan Teknik SEO Friendly
Baca Juga
rajintutor.blogspot.com,
- Membuat artikel blog adalah salah
satu makanan sehari hari untuk para Blogger .Artikel yang baik adalah artikel yang Readibility atau
Keterbacaannya nya baik danmudah
dipahami, Apa ciri artikel yang berkualitas? Artikel berkualitas merupakan type
konten artikel dengan banyak kata dan kalimat yang lebih teliti atau lengkap
readibilitynya baik, mudah dimengerti, dilengkapi dukungan konten pendukung dan
ringan dan mudah untuk dibaca.
Selain itu, tulisan yang berkualitas dengan teknik SEO
termasuk memiliki data valid sebagai pendukung argumentasi nya.
Mencari tahu mengenai method membuat artikel Blog yang baik
dan berkualitas tinggi sebaiknya mau juga untuk mengerti fakta bahwa
menyingkirkan kata dan kalimat yang tak perlu itu merupakan bagian langkah
terbaik membuat artikel berkwalitas SEO. Artikel yang berkualitas adalah bagian
dari penerapan SEO.
Hindari membuat tulisan dengan kalimat-kalimat yang rumit.
Basa-basi itu hal dibutuhkan asal tidak berlebihan, supaya pengunjung tidak
jenuh dan senang.
Secara umum konten panjang lebih berkualitas meskipun
membosankan untuk dilihat, misalkan jumlah katanya 2000+ yang mempunyai
pembahasan lebih tuntas juga mendalam seperti E-book. Tidak semua orang mampu
dan mau membikin artikel di blog/website dengan kerangka kata artikel begitu
banyak.
Ada beberapa faktor penentu khusus blogger kesulitan membuat
artikel detail dan berbobot, mulai dari kesulitan ide karena sumber sumber ide terbatas
sampai denganwaktu yang terasa kurang cukup. Nah itulah masalah umum yang
kesempatan ini akan kita ulas secara lebih mendalam.
Perlu kita mengerti bahwa artikel yang berkualitas belum
tentu memiliki banyak jumlah kata, karakter, dan baris kalimat panjang. Oleh
karena itu jangan kita kira konten panjang bisa lebih berkualitas.
Ibaratnya adalah, bisa tidak jika sasaran datang ke website
anda memerlukan waktu 5-10 menit cuma untuk mengetik satu nomor telefon
pemadaman kebakaran? Enggak yakin kan? sekeren apa pun rangkaian kata dan
kalimat pada situsyang tidak terlalu
dipedulikan oleh si Pembaca.
Banyak pengunjung justru memiliki pengalaman buruk dan
membuat mereka meninggalkan posting artikel di halaman web yang rumit serta
bertele-tele seperti tersebut. Anda harus tahu ciri-ciri jadi penulis yang baik
juga berkualitas agar anda jadikan perbandingan.
Bagaimana Metode Membuat Artikel Blog yang Baik dan Berkualitas dengan Teknik SEO
Google akan menyukai konten kaya kata dan kaya makna atau
artikel panjang. Mengapa demikian? Karena konten panjang memiliki kelebihan
khusus di Google SERP.
Faktor pemilihan peringkat artikel dalam mesin pencari juga
ditentukan oleh panjang pendeknya konten. Googlebot (algoritma-seacrh engine)
bisa merekam jejak pengunjung blog sebagai pengaruh dan tolak ukur kualitas
artikel.
Kualitas konten artikel ditentukan berdasarkan umpan balik
dari pengunjung. Ini berarti faktor "human experince" telah di terapkan
secara maksimal oleh perusahaan besar search engine Google. Semakin puas
pengunjung, maka semakin bernilai situs tersebut.
Di beberapa produk layanan search engine perusahaan lain
layaknya Yahoo serta Bing juga sudah mengaplikasikan sistem algoritma yang agak
persis dengan penerapan mekanisme yang dipakai mesin pencari Google.
Apabila artikel bernilai banyak menurut robot mesin pencari,
sehingga otomatis artikel inilah akan ditaruh ke posisi terbaik di halaman
pertama Google. Terdapat beberapa faktor yang perlu anda kemengetahuii mengenai
tahapan-tahapan membuat artikel yang berkualitas.
Sejumlah tips atau juga langkah-langkah membuat artikel yang
berkualitas SEO akan saya bongkar jadi 12 bagian praktik menulis artikel lewat
teknik SEO On page untuk pemula dibawah ini.
12 Tahapan-tahapan Membuat Artikel Berkualitas
- Riset kata kunci
- Mencari referensi
- Memahami isi
- Relevan
- Kosakata/kalimat
- LSI keyword
1. Riset kata kunci
Melakukan riset kata kunci dan keyword research ini relatif
penting, apalagi jika kita rencana bikin artikel yang sudah lumayan di rancang
juga diterbitkan oleh penulis lain. Fungsi tersebut agar kita agak gampang
mengetahui kecondongan pengguna mesin pencari.
Contohnya, seandainya anda berencana merancang artikel
tentang "kata kata bijak", dan anda tidak mengerti apakah kata kunci
tersebut memiliki volume penelusuran banyak dan kecil, seyogyanya praktekkan
riset kata kunci.
lewat penelitian kata kunci anda bisa mendapatkan kesempatan
terbaik dalam membuat konten artikel yang banyak digemari pengguna mesin
pencari. Anda bisa memakai tool gratis misalnya Google Keyword planner untuk mencari
kata kunci atau juga sejumlah kueri yang memiliki akumulasi volume penelusuran
banyak dan kecilnya.
2000+ kata per artikel juga gak bisa dijadikan jaminan
jumlah page view meninggi dari hasil lalulintas organik pencarian, bilamana
anda mengabaikan langkah-langkah riset kata kunci yang tepat.
Riset kata kunci menjadi hal yang tidak begitu penting bagi
penulis artikel website yang memiliki fokus promosi ke media sosial. Sehingga,
silakan tetapkan target sumber kunjungan situs anda oleh saat kini supaya usaha
anda pada membangun juga mengembangkan situs tambah efektif.
Contoh kata kunci; tahapan-tahapan kencing sendiri,
langkah-langkah melukis langit, panduan bergoyang, panduan bikin anu juga
lainnya, ini merupakan contoh kata kunci (keywords) yang tone pencarian. Lewat
tahapan-tahapan riset kata kunci tersebut lah anda dapat membedakan serta
mengerti mana saja kata kunci atau juga kueri pencarian yang senantiasa dipakai
orang lain di search engine.
Dengan metode belajar riset kata kunci, kemudiankamu akan
enteng membedakan mana kata kunci yang minim pencarian dan kata kunci yang
apalagi tidak miliki volume pencarian mirip sekali.
2. Kerangka Artikel
Membuat kerangka artikel merupakan unsur perlu sehingga
artikel tidak bergeser jauh tema bahasan yang telah ditentukan. Bagian ini
mampu dijadikan jalan paling jitu supaya artikel mudah dikerjakan dan punyai
relevansi bersama dengan judul atau rancangan artikel yang sudah direncanakan
sebelumnya.
Struktur kerja menyebabkan kerangka artikel; tentukan judul
artikel dan membuat kerangka artikelnya. Umpamanya, judul artikel pilihan kamu
adalah cara mengerjakan artikel yang bermutu maka bisa dimulai dari pengertian
artikel berkualitas di mesin pencari > aspek penentu > cara memproduksi
artikel memiliki kwalitas dan seterusnya. Apakah kamu tetap bingung, review
tetap artikel ini.
3. Mencari referensi
Referensi adalah bagian berasal dari terbentuknya kerangka
artikel. Mengapa? Karena kemungkinannya sangat kecil artikel kita mempunyai
inspirasi yang 100% murni tanpa rujukan/referensi bacaan yang sudah tersedia
sebelumnya. Ide suatu artikel mampu terbentuk dikarenakan sebagian faktor.
Yakni, yang kami baca, yang kami rasakan, yang kami dengar dan yang kami
ketahui.
Supaya artikel miliki bobot yang cukup, kita perlu membaca
lebih banyak informasi yang sesuai dengan mengisi pembahasan terhadap konten
artikel kita. Mencari referensi sebanyak barangkali dapat mengimbuhkan Info
yang valid, update, dan miliki landasan isikan yang baik.
Mencari referensi artikel sangat menguntungkan, karena
gagasan brilian untuk konten artikel akan anda temukan bersama dengan metode
simpel ini.
Artikel yang anda baca kala ini dibangun bersama dengan
metode pengembangan kerangka artikel yang berasal oleh 12 kata kunci. Apakah
kamu berminat membawa dampak tema artikel seperti ini juga? Jika iya, kamu
tidak wajib menjiplak beragam kata atau kata-kata (12 poin) pada blog ini,
lumayan jadikan artikel ini sebagai referensi saja.
Jangan copas artikel, karena sia-sia dan aku jamin artikel
hasil copy paste tidak akan sanggup menggeser posisi artikel originalnya di
hasil penelusuran.
Anda dapat menghimpun inspirasi kata kunci dari situs lain,
setelah itu anda kembangkan satu per satu kata kunci artikel berikut tanpa
menyontek.
Ingat ambil ide nya saja, bukan format kalimat atau kata.
Sehingga kerangka artikel lebih berkwalitas, temukanlah carilah referensi
bacaan di web lain sebanyak mungkin. Anda mampu termasuk mencari referensi
berasal dari buku-buka tepercaya.
4. Memahami isi yang Akan kita Bahas
Tulisan yang Enteng
dan mudah dipahami adalah postingan yang ditulis oleh penulis yang menguasai
atau sangat paham cara isi artikel nya Seperti apa. Artikel yang berkualitas
miliki isikan lebih detail, jelas, mendalam, dan Mudah dipahami. Efek seperti
ini hanya bisa di aplikasikan oleh seseorang yang menguasai topik/tema karya
artikel nya.
Sebagai contoh, seorang penulis Blog dapat jauh lebih pandai
menjelaskan bagaimana cara-cara menjadi seorang penulis artikel di blog,
ketimbang dijelaskan oleh orang lain yang awam mengenai perihal semacam itu.
Jadi, jangan heran terkecuali kamu mendapatkan anjuran
langkah mengakibatkan artikel yang memiliki kualitas dari para penulis artikel
profesional, maka otomatis penjelasan mereka bakal lebih mudah di pahami.
5. Relevan
Memiliki artikel yang relevan adalah pada bagian perlu dari
sebagian aspek penentu kualitas suatu konten artikel. Relevansi suatu artikel
termasuk bagian perlu sebagai penentu peringkat artikel di mesin pencari.
Jika anda menulis artikel mengenai "cara membuat
artikel berkualitas", maka kamu perlu lakukan pengembangan kata kunci
tersebut. Jangan hingga artikel yang kamu bikin justru melebar ke luar
tema/topik.
6. Long tail keywords
Long tail kata kunci di istilahkan sebagai LTK. Teknik ini
aku prediksi kedepan nya menjadi benar-benar penting dikarenakan mampu
digunakan untuk menarik perhatian calon pembaca. Dampak Long tail keywors yang
baik tentu membawa dampak traffic blog meningkat dua kali lipat berasal dari
biasanya.
Judul posting artikel yang menarik itu sangat lebih baik
daripada judul artikel lazim yang sering kami baca dan temukan, namun jangan
terhitung sangat lebay, lebih-lebih tidak relevan.
Metode Long tail keywords adalah bagian berasal dari trik
pengembangan kata kunci yang dapat kami menempatkan terhadap judul posting
konten artikel.
Misalnya, judul berasal dari hasil riset kata kunci yang
anda pilih adalah "cara membawa dampak artikel yang berkualitas",
maka kamu lumayan menambahkan sebagian suku kata di depan atau di belakang
judul artikel selanjutnya jadi 'cara membuat artikel berkwalitas untuk pemula'.
Metode long tail keywords (LTK) seperti itu tidak cuman
menyebabkan judul lebih menarik, terhitung akan membuat artikel kamu ramah di
mesin pencari. Seperti yang telah kami ketahui bahwa mesin pencari selamanya
memberi tambahan wejangan kata kunci untuk para penggunanya.
7. Pengoptimalan SEO Mesin Pencari Google (SEO)
Melakukan pengoptimalan search engine google yang baik dan
juga benar ialah salah satu bagian dari bagian cukup penting . Mengapa tidak,
jika kita melakukan cara pengoptimalan On-Page mesin pencari google dan juga
Off-page search engine yang tepat, maka artikel itu akan memiliki peluang
diberi tanda sebagai artikel kamu yang berkualitas pada google .
Optimisasi mesin pencari yang saya maksud bukanlah jenis
pengoptimalan search engine yang telah biasa. Data yang keliru terkait search
engine bisa menyebabkan cukup banyak seorang publisher artikel kalian keliru
mengartikan search engine google yang sebenarnya.
Search engine optimization ialah trik yang sangat dianjurkan
dari penyedia google , bagus itu Google, Bing, Yahoo dan juga search engine dari
vendor ternama yang lain. Search engine google terbaru beda secara mesin
pencari yang beberapa kamu ketahui selama ini dari mesin pencari google. Mesin
pencari google modern memiliki pengolahan data search engine bersahabat.
Konten artikel kamu yang kurang bermanfaat atau tidak simpel
dipahami pengunjung blog berdampak pada gagal nya praktik search engine.
Penyebab kegagalan praktik mesin pencari google karena seorang publisher tidak
mengindahkan saran "SEO yang human friendly".
Jika anda menulis artikel tersebut berkualitas, ingat search
engine google yang humanis. Setelah kalian tahu fakta ini, sekarang waktu yang
tepat bagi menyusun artikel yang mesin pencari google friendly dengan landasan
konten artikel tersebut yang mempunyai kualitas tentunya.
Misalnya, search engine Google saat ini sudah menjalani
algoritma terbaru yakni sistem algoritma UX (user experience) sebagai bagian
paling penting penentu peringkat artikel kalian pada mesin pencari google .
Secara sederhana UX hal berhubungan secara mesin pencari google yang human
friendly pada pola penulisan artikel kalian.
Pengunjung blog wajib mendapatkan pengalaman yang bagus dan
menyenangkan dalam banyak hal, mulai dari kecepatan loading situs, navigasi
situs, relevansi konten artikel kalian dan lain-lain termasuk konten artikel
tersebut yang enak atau mudah di pahami.
8. Meriset Target dan Kosakata
Meriset target visitor dan juga kosakata ini bisa dibilang
penting, sebab kamu dapat menentukan kosa kata yang tepat, ejaan kata dan juga kalimat
yang terhubung dengan bagus agar lebih mengena untuk pengunjung web. Hal ini
juga berkaitan dengan sistem UX yang telah dibahas di pembahasan sebelum ini.
Inti dari user experience untuk konten artikel itu yaitu
menyusun pengunjung lebih menikmati rancangan artikel tersebut atau tulisan
yang kalian susun dengan menyesuaikan batas nalar visitor, supaya pengunjung
memiliki pengalaman terbaik nya.
Maka dari itu,paling penting untuk memilah target pengunjung
web konten artikel itu pada website anda mulai sekarang. Target pengunjung yang
akurat dapat mempermudah pemilik web untuk paham, meyusun pola konten situs,
displate website. Kategori dan hal lainnya supaya hal UX bisa terpenuhi secara
maksimal.
Misalnya, target pembaca konten artikel di situs kamu adalah
remaja, artinya anda memerlukan konten artikel yang cocok bersama keseharian
mereka. Bisa konten artikel yang sedikit lucu, pakai bhs yang gampang dan lain
sebagainya.
Keywords pun dapat kita sesuaikan nantinya, umpama
"cara selamat berasal dari amukan guru di sekolah". Mengapa perlu
mengfungsikan jenis kata kunci untuk konten artikel seperti itu? Karena tujuan
pembaca kamu adalah remaja, itu bermakna kamu perlu masuk ke dunia mereka.
Anda wajib mengatur kosakata terhadap konten artikel
sehingga lebih mengena dan mereka enteng memahami. Jika telah begini, layak
disebut sebagai konten artikel yang sanggup beri tambahan nilai jadi bagi
pengunjung.
Artikel memiliki kwalitas itu abstrak, dengan target audiens
yang pas maka jadi pas untuk di analisa dan ditentukan seberapa berkwalitas
artikel untuk target audiens.
Cara Membuat Artikel dengan Teknik SEO Friendly atau ramah Mesin Pencari:
1 . Memiliki Keyword Density Sekian Persen
Pada
dasarnya pengulangan sebanyak 3 kali kata kunci yang ada di judul, tidak mesti
harus mirip judul. Seperti judul ‘9 Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk
Website agar Mendapatkan Peringkat 1 di Google’ maka masing-masing kata bisa
diberi pengulangan sebanyak 3 kali. Misal: menulis artikel 2 kali, artikel 3
kali, menulis 3 kali, google 3 kali, membuat artikel 3 kali, dan seterusnya.
Panjang Minimal 300/500 Kata
Bahkan
lebih dari 1000 kata jauh lebih baik, bergantung bagaimana artikel pesaingnya.
Inilah yang diterapkan PanduanIm. Lebih jauh, artikel panjang yang berbobot
jauh lebih berkualitas walau banyak juga yang mengeluh karena terlalu panjang
seperti tulisan Panduanim ini.
Bold, Underline, Italic Di Setiap Keyword
Ini hanya opsional saja. Namun kalau mau
diberi, cukup 1 kali saja pada kata kunci utama misal ‘cara membuat artikel’.
Pemberian ini juga sebagai mempertegas judul bahwa artikel sedang membahas
seperti yang ada dijudul. Justru jauh lebih Human Friendly.
Keyword Di Judul, Paragraf Pertama, Paragraf Terakhir
Justru ini yang membedakan artikel ofline
dengan artikel online. Artikel online pencariannya lewat Google, jadi harus
menekankan hal ini. Hanya saja, kata kunci tidak harus pesis mirip dengan
judul, misal judulnya “9 Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk Website” maka kata
kuncinya bisa menarget ‘membuat artikel’.
5.
Dan ini yang diterapkan PanduanIm. Jadi,
teorinya bertentangan dengan praktenya. Coba cek kata apa yang banyak muncul.
Maka jawabannya “membuat artikel”. Padahal bisa kalau mau konsisten menulis
tanpa SEO, tinggal judul dan isi bertentangan kata, juga tidak perlu menarget
kata kunci tertentu.
Keyword Di Meta Description
Google sudah semakin canggih. Tanpa meta
deskripsi pun Google bisa menilai tentang pembahasan inti sebuah artikel. Namun
jauh lebih baik bisa menghargai kerja Google dengan menghadirkan meta
deskripsi.
7.
Bahkan, Harusnya si penulis sendiri menerapkan
meta deskripsi dengan menempatkan kata kunci utama sebagai target contohnya
‘membuat artikel’ sebagai artikel utama.
8.
Sedangkan kata kunci paragraf pertama juga
sesuai dengan meta deskripsi: Gara-gara semakin populernya dunia blogging,
banyak orang yang tertarik untuk membuat artikel. Karena memang artikel itu
jenis konten yang paling mudah dibuat, dibandingkan foto atau video.
Menggunakan Subheader (H2-H6) Yang Berisi Keyword
Ini sebenarnya sudah tidak menjadi persoalan
SEO lagi. Ketika ada heading, justru untuk memudahkan pembaca. Ketika
mengharuskan ada subjudul dan sub dari subjudul, maka peran heading sangat
penting. Ketika ada heading, maka judul dari subjudul dengan judul sub dari
subjudul ada pembedaan.
Sebagus apapun
seorang profesor, dosen, guru dan para pakar memberikan penjelasan dalam karya
tulis nya, group awam diluar tujuan audiens barangkali akan menyebutkan
"seumur hidup baru kali ini baca postingan buat sakit kepala dan sulit
dipahami". Dan ya, para pakar gagal beri tambahan pengalaman pengguna yang
baik.
Gunakan bahasa
yang lebih santai, tapi miliki ejaan ringkas dan jelas, tidak usah benar-benar
formal juga , bahkan tidak harus mengayalkan tentang standar EYD bahasa
Indonesia jikalau tujuan pembaca situs kami adalah remaja tanggung.
Bahasa yang Santai misalnya
dengan istilah Bahasa daerah yang sangat sering dipakai dan mudah
dipahami itu friendly bagi Pembaca.
Bahasa yang Mudah dipahami saya yakin bakal menyebabkan mereka masuk ke di
dalam dunia nya dan menjelaskan "oh gitu ya, aku banget nih, Oh iya juga
ya" dan lain sebagainya.Terimakasih Telah Berkunjung ,Semoga Bermanfaat
Comments
Post a Comment